Selasa, 04 November 2014

BANGKOK - CHATUCHAK MARKET - MOCHIT (23 NOV 2013)

Setelah perjalanan berjam-jam yang melelahkan akhirnya kami sampai juga di kota Bangkok (bagiku ini kali kedua saya menginjak kota bangkok). Kami turun di tengah jalan mendekati area shukumvit. Dari sini, kami langsung mencegat taxi untuk menuju chatuchak market (kebetulan bertepatan dengan hari sabtu, market ini buka hanya saat weekend saja). Sebelum masuk taxi, saya selalu menanyakan dulu apa pakai meter-an tidaknya, kalau dia bilang ya, maka saya baru masuk. Karna kalau tidak pakai meter alias argo, bakalan dipalak mahal sama si supir. Disini kami naik taxi dengan pertimbangan karna membawa tas-tas, dan juga dengan 3 orang jadi bisa patungan.

Tidak sampai sejam, kami sudah sampai di chatuchak market...wah, rame sekali, banyak yang jualan dikanan kiri, terlebih kami membawa-bawa tas berat berisi baju-baju dan oleh-oleh dari kamboja terbayang betapa ribetnya berjalan dikeramaian ini. Perut sudah berbunyi, kami mampir ke sebuah area foodcourt. Inipun rame, kami harus pinter mencari tempat duduk, beruntung ada satu meja yang kosong, kami langsung menuju meja tersebut. Dan pelayan pun datang menyodorkan sebuah kertas menu.saya makan Nasi Goreng Tom Yun dan segelas ice thai tea, hmmm...so yummy..akhirnya saya bisa makan enak juga setelah beberapa hari makan yang aneh-aneh alias tidak sesuai dengan lidah ya karna tidak ada rasanya... saya lupa teman saya pesan apa, hihihi (kesalahan menulis kisah perjalanan terlalu lama begini ada yang terlupakan...)
Nasi Goreng Tomyum & Ice Thai Tea...

Situasi Keramaian Chatuchak ...
Habis selesai makan kami mulai berunding, apa yang kami lakukan sekarang? Kami sepakat untuk mencari terminal thailand utara (mochit terminal). Untuk apa kesana? Untuk membeli tiket bus menuju chiangmai, thailand utara...yup kami di bangkok tidak menginap, alias kami menginap di bus ..lumayan menghemat uang penginapan...

Dengan membawa tas-tas kami, kami keluar dari area chatuchak, sebenarnya awalnya saya berniat untuk naik BTS atau Monorail tapi ternyata lumayan jauh, naik taxi setelah tanya-tanya pada tidak mau menggunakan meter, mereka mematok tarif 100 baht!! Oh, tidak... akhirnya setelah tanya beberapa, ada juga yang mau menggunakan meter, dan kami sampai di mochit terminal 30an menitan akibat ditambah puter balik (seharusnya kami menyebrang sebelum mencari taxi jadi menghemat meter yang berjalan) dan juga macet, yup area chatuchak ini bener-bener padat, di area dalam penuh orang dan jualan sedangkan bagian luar penuh denga berbagai kendaraan.

Mochit Terminal, sebuah terminal yang tertata rapi dengan barisan loket tiket bus aneka jurusan menuju thailand utara, hanya ada 1-2 saja yang menuju thailand selatan. Jadi jika ingin memilih jurusan thailand selatan lebih baik jangan ke sini, (anda bisa membaca perjalanan saya sewaktu ke phuket tahun-tahun lalu).

Dari satu loket ke loket yang lain saya amati harga yang tertulis di loket, akhirnya saya dan kedua teman saya sepakat untuk memilih bus VIP yang sudah dapat selimut, bantal leher dan snack. Dan setelah membeli 3 tiket bus, kami menitipkan barang-barang kami di penjaga loketnya, hihihih, karna bus kami berangkat malam sedangkan hari masih siang, masih banyak waktu untuk kami bisa berkeliling. Penjaga yang baik hati bersedia dititipi barang-barang kami tanpa tambahan biaya, akhirnya tubuh kami lega juga ga bawa-bawa barang hahaha, tapi barang-barang berharga tetap dibawa loh...

Kemana kami dengan beberapa jam yang masih tersisa?? Kami ke chatuchak lagi, wkwkwk...daripada bengong di terminal ? ya sudahlah kami kesana lagi dengan naik taxi lagi, dan kali ini hanya 15 menitan sudah sampai. Nah, kali ini kami baru keliling sampai masuk ke dalam-dalam pertokoan, melihat aneka souvenir, hewan-hewan peliharaan seperti bayi bayi anjing yang lucu, juga beli cemilan baso-baso-an , es krim juga manggo sticky rice :D ternyata baso-basoan bikin nagih, enak dan murah di area chatuchak market ini T.T benar kata teman saya tempo hari di kamboja, uang saya banyak dihabiskan untuk beli jajanan seperti ini zzzzz apalagi di thailand jauranya kuliner jajanan gini, hadehhh...

aneka hiasan bunga...
anak anjing yang lucu-lucu sekali ... >.<
mango stiky rice... nyummy..
Hari sudah menjelang sore,  kami kembali ke mochit terminal, kali ini karna kami sudah tau supaya tidak puter balik kamipun menyebrang, dan 15 menit nyampe tanpa terkena macet dan puter balik, hihihii.. sampai disini, kami menuju loket tadi dan mengambil barang-barang titipan kami. Dari loket, ada pintu masuk kedalam dan kamipun masuk ternyata besar juga ruang tunggunya..ada sevel juga didalamnya, dan sayapun membeli beberapa perbekalan minyak angin yang lupa dibawa, juga kartu sim untuk saya pakai di chiangmai nantinya. Dan finally, bertemu dengan transgender, hihi thailand gitu loh...dengan suaranya lelaki tapi tubuhnya kewanitaan, hehehe. Selain sevel juga ada toko-toko lainnya.

Di Terminal ini juga ada toilet tapi berbayar dengan koin thailand. Terminal ini entah ada berapa lantai, tapi kami ke lantai 2, bus kami ada dilantai 2 terminal ini. Di area tunggu ada televisi, bangku-bangku besi yang tertata rapi juga jadwal bus berangkat.
ruang tunggu lantai 2 terminal mochit
nama agen bus travel
nota bus...
Ternyata bus kami agak sedikit telat beberapa menit, huft alamat sampai di chiangmai lewat dari jadwal lagi.. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya bus kami datang, dan seorang petugas memanggil-manggil. Kami pun bergegas keluar untuk naik bus tersebut, rasanya sudah tak sabar untuk dapat beristirahat tiduran didalam bus, karna dari kemarin tubuh kami ini ditekuk-tekuk didalam elf dan juga jalan seharian di chatuchak, hahaha...salah satu temenku kelelahan sepertinya, begitu duduk didalam bus tau-tau sudah terlelap tidur, ckckck...sedangkan saya sempet belum bisa tertidur, beberapa jam saya masih melek dan menikmati perjalanan tol thailand ini dengan gemerlapnya lampu-lampu, indah... tapi apa daya mata sudah menunjukkan waktunya tidur, hihih dan saya pun tidur namun tidak terlalu terlelap, saya pun beberapa kali terbangun. Sempet melewati hutan-hutan dan bunyi klakson membuat saya tak bisa terlelap.

akhirnya naik juga ke bus...
my selimut dengan view jalanan tol dari lantai 2 bus...
pemberhentian di area istirahat untuk makan malam sebelum meneruskan perjalanan..diberi waktu sekitar 30-40 menit...
saya dengan bus.. betapa kusutnya ni muka karna belum mandi, wkwkwk..
Dan...ternyata sudah pagi! Tiba di chiangmai sekitar pukul 6 pagi. Finally, perjalanan panjang ini sampai juga di tujuannya dengan selamat dan lancar.,.... CHIANGMAI... Thanks God ...

Terminal Pool Bus di Chiangmai

- Taxi kembali ke chatuchak: 50 baht: 3
- Taxi chatuchak ke mochit terminal lagi (nyebrang): 40 baht: 3
- Simcard (sudah plus pulsa dan inet 3 hari-an tanpa bbm): 300 baht
- Jajanan baso: 50 baht (dibayarin temen) 20 baht (bayar sendiri)
- Toilet Terminal: 3 Baht (2x)
- Air Minum: 20 Baht
- Jajanan es: 10 baht

Total (tanpa hitungan jajanan yang dibayarin temen):
(90: 3)+ (70 : 3) + 657 + (50: 3) + (40: 3) + 300 + 20 + 6 + 20 +10 = 30 + 23 + 657 + 30 + 300 + 20 + 6 + 20 + 10