Jumat, 04 September 2015

Hongkong Hari 2: Macau ~ The Las Vegas Asia

Ini adalah negara ke 6 yang saya kunjungi, setelah tiba di Hongkong 22 Agustus 2015, keesokan paginya langsung menuju Macau dengan contaijet naik dari sheungwan. Sebenarnya ingin naik yang dari TST (Tsim sha Tsui) namun harga tiket lumayan beda banyak, karna ingin lebih menghemat maka dipilihlah contaijet dari sheungwan.

menuju star ferry

menuju star ferry untuk ke central
 Pagi sekali kami sudah berkemas dan mencoba naik star ferry untuk menyebrangi Tst ke Central dan ternyata sangat jauh sekali jembatan penyebrangan dari Central untuk menuju MTR -nya, kami harus memasuki sebuah mall yang bernama IFC mall lalu turun esklator dan berjalan lagi. Tiket yang kami beli di hostel harus kami tukarkan dahulu ke loket karna masih berupa voucher, dan alangkah kagetnya bahwa katanya jam keberangkatan yg tersedia jam 12 keatas karna yg jam 12 kebawah sudah habis, tapi...katanya kami bisa memilih standby karna siapa tahu ada kursi kosong pada jam sebelum jam 12 sehingga kami bisa naik. Akhirnya kami memilih standby saja, siapa tahu kami beruntung. Setelah menunggu setengah jam, akhirnya kami bisa naik yang jam 9.30, yeyy tidak jadi yang jam 12... Senangnya..

voucher tiket yang dibeli di penginapan
Suasana dalam cotaijet
Perjalanan kapal contaijet ini memakan waktu 1 jam-an, karna ngantuk sayapun tertidur dikapal... Lumayanlah untuk menghilangkan rasa ngantuk. Tak terasa sampailah kami di Dermaganya Macau Taipa Ferry ( contaijet berhenti di Taipa , dimana Venetian berada). Minggu, 23 Agustus 2015 suasana di imigrasi Macau nampak benar- benar ramai sekali, sekitar 20 menitan, kami antri lalu satu per satu tambahan loket mulai buka sampai akhirnya kami bisa maju cepat. Jam kala itu menunjukan hampir pukul 11. Benar - benar ramai sekali! (Sebaiknya jangan pergi ke Macau pada hari minggu karna banyak sekali turis- turis dari tour).

Setelah keluar dari antrian imigrasi (disini bahasa inggris mulai susah digunakan sampai-sampai bagian informasipun agak susah). Rencana nya kami akan mengunjungi Macau Giant Panda Pavillion pertama kali yang mana berada di pulau coloane, Macau. Tanya sana sini tidak ada infotmasi yang jelas bahkan orang-orang yang ditanya terkesan cuek dan menjawab malas-malasan bahkan sempat ada yang menertawakan tujuan kami ( tahan emosi). Akhirnya cape dan berpikir kami sudah buang waktu banyak , kami naik bis menuju Venetian sesuai petunjuk inet saja alias meraba-raba sesampainya nanti di Venetian.

suasana macau ketika keluar dari imigrasi
bis biru adalah bis shuttle free ke venetian
Sampai di Venetian yang super megah itu, kami kembali bertanya dimana bus stop dan akhirnya ada juga yang ramah members petunjuk kepada kami (thanks God). Namun ternyata petunjuk yang diberikan pun salah -.- tidak ada petunjuk bus stop. Malah akhirnya kami masuk ke Wynn Hotel yang berada diseberang Venetian. Di Wynn ini kami sempatkan menonton pertunjukan Vquarium berupa putri duyung yang disetting seperti asli (free). Lalu kami bertanya kembali ke resepsionis yang ada di lobby, Dan akhirnya bus stop itu kami temukan! Kami naik 26A/21A menuju Parque Seac Pai Van (kalau tidak salah ingat) Dan membayar 5hkd yang kami masukkan kedalam kotak coin didepan pintu masuk bus.
salah satu pertunjukan dragon tapi sekarang sudah tidak ada lagi jadi cuma tertinggal patungnya saja ...
pertunjukkan vquarium
saya, didepan vquarium, putri duyung ini kadangkala muncul kadangkala menghilang
Temukan bus stop seperti ini diseberang Venetian dan naik 26A/21A
Temukan gedung venetian seperti ini yang berada disamping kanan pintu keluar selepas turun dari bis shuttle
Sekitar jam 1an kami sampai juga -.- Coloane merupakan pulau yang tidak terlalu ramai. Tidak banyak kendaraan berlaku lalang disini. Mungkin karna disini bukan pusat area wisatanya, hehehe ya demi bertemu panda saja kesini. Siang itu panasnya terik matahari begitu menusuk, untuk beli tiket masuk kami harus masuk ke dalam toko souvenir (lumayanlah ngadem bentar). Sesudah itu kami ke pavilion si panda, beruntung siang itu si kai kai panda lagi makan jadi dia bangun, namun dia sempet tertidur ketika makan (haha dasar panda) lucu sekali walau dibatasi dengan kaca untuk lihat. Dan disebelahnya adalah panda cewe yang jaraknya lumayan agak ngumpet diantara pepohonan jadi agak susah untuk difoto. Puas akhirnya bisa lihat rupa si panda.

sampai juga....
peta macao giant panda

jadwal time untuk melihat panda
lucuuuuu....

untung ketika datang si panda sedang makan...
dan ini si panda betina yang berada dikandang sebelahnya si jantan
Tiket
 Dari Giant Panda Pavilion, kami naik kembali bus yang tadi kami naiki namun kami harus berjalan dulu ke arah kanan lurus sampai menemukan tempat until menyebrang lalu kami kembali berjalan ke kiri lurus sampai ada bus stop. Kami naik bus sampai ke San malo (ruin St Paul) ternyata jauhnya...bus melewati jembatan penghubung pulau, Dan bus ini begitu terisi penuh dengan orang-orang satu persatu naik dari beberapa pemberhentian. Dan....lagi-lagi begitu kami turun ya ampun lautan manusia berhamburan di sepanjang senado square begitu padatnya sampai kami harus Jalan berbarengan karna takut terpisah nantinya. Belum lagi panasnya cuaca hari itu, namun kami mengurungkan niat membeli air minum es yang harganya gila, kami lebih memilih ke Watson untuk beli air putih agar lebih menghemat. Air minum yang kami bawa ternyata tidak cukup dan habis, maka belilah kami air minum.

Disepanjang Jalan senado square ini kami mencicipi dendeng babi, sapi, dan ayam. Kami juga sempat mencicipi crispy roll, kue almond juga tester juice hahaha lumayan menghilangkan haus. Tujuan kami melewati senado adalah beli dendeng dan ruins saint Paul, pyas berfoto- foto kamipun turun Dan kembali antri naik bus menuju Venetian kembali.

me... in san ma lo/ ruins saint paul

TKW2 pendukung Ahok...
Rame nian...
 Sampai di Venetian kembali kami memanfaatkan waktu untuk berfoto-foto dan makan.

view macau tower dari dalam bis...tidak sempat kesini karna keterbatasan waktu...

antrian pada mau naik gondola , ckckck...
foto diambil saat antri buat naik bis shuttle ke Macau Taipa Ferry
Tak sempat untuk berfoto banyak diluar mengingat waktu sangat terbatas, untuk yang mau explore santai lebih baik sisakan waktu menginap setidaknya satu malam di Macau. Rencana untuk melihat pertunjukan air mancur plus laserpun jadi di skip :(

Antrian begitu panjangnya untuk naik bus shuttle saja dan belum selesai sampai situ sampai di loket ferry untuk menukarkan voucher tiket yang tersedia adalah jam 11.59 malam! Terpaksa lagi-lagi kami harus rela antri di standby demi keberangkatan yang lebih awal mengingat MTR hanya operasi sampai jam 12 malam.

Setelah menunggu 2 jam-an dari jam 8an malam, akhirnya kami bisa naik yang jam 10.30 malam walau sebelumnya sempat ditutup pas diantrian kami, kami teriak "yaahhhh" lalu keajaiban terjadi penjaga tersebut entah ngomong apa berbisik-bisik dikejauhan sana dengan temannya dan....antrian kami dibukakan dan kami bisa masuk naik yang jam 10.30! Thanks God! Kami langsung berlari menuju dermaga ferry, dan lagi-lagi kami mendapat kejutan, ternyata kami dapat yang kursi VIP di dek atas , ada TV ada Bar dan ada pelayan yang siap melayani , aduh senangnya...antrian berjam-jam terbayar lunas dengan tempat duduk yang luas dan kami dipersilahkan untuk keluar terlebih dahulu sesampainya di Hongkong Ferry Terminal. (sementara yang kelas ekonomi diberi pembatas agar tidak keluar dahulu sebelum kelas VIP keluar semua).

Begitu sampai, kami lari kembali ke antrian imigrasi, karna VIP yang keluar lebih dahulu jadi antrian tidak begitu panjang karna kami duluan. Selepas Imigrasi kami lagi-lagi berlari menuju MTR karna jam sudah menunjukkan jam 11.30 lewat! Akhirnya setelah cape berlari kami pun bisa naik MTR dan sampai hostel dengan kaki yang sepertinya mau dicopot saja, hahaha...benar-benar satu harian serba antri!

Rincian Biaya:

- Tiket Ferry: 220 HKD
- Tiket Macao Giant Panda : 10 MOP/10 HKD
- Bis Shuttle : FREE
- Bis umum di macau dari venetian ke Giant Panda: 7 MOP/7 HKD (seharusnya 5 MOP/5 HKD) pun bisa
- Bis dari Giant Panda ke Senado/ San Ma Lo: 5 MOP/ 5 HKD
- Bis dari Senado ke Venetian: 5 MOP/ 5 HKD
- Air Minum Watson: 7.9 MOP/ 7.9 HKD
- Dendeng Babi & Sapi 6 lembar besar dipack jadi 3: 480 MOP/480 HKD : 3 = @160 MOP/HKD
- Makan di Venetian: 32 MOP/HKD
- Roti tawar kee wah: 10 HKD
- Souvenir Panda: 13 & 14 MOP/HKD

Total:  488.9 MOP/ HKD = +/- 870.242 Rupiah

To be Continued in next story ....