Selasa, 07 Oktober 2014

NEGERI SERUMPUN SEBALAI - BANGKA ( 22-27 AGST'14 )

Negeri Serumpun Sebalai adalah pulau Bangka, disebut demikian karna merupakan semboyan propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menunjukan bahwa kekayaan alam dan plularisme masyarakat propinsi ini tetap merupakan keluarga besar komunitas (serumpun) yang memiliki perjuangan yang sama untuk menciptakan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan dan perdamaian.

sumber foto: om google
Banyak orang mengira pulau Bangka itu adalah pulau Belitung, ini sangatlah salah. Meski tergabung dalam satu nama kepulauan Bangka Belitung tapi berbeda pulau. Pulau Bangka lebih besar dibanding pulau Belitung, dan jika ingin ke pulau Bangka dari Jakarta dengan pesawat maka anda harus memilih tujuan pangkal pinang sedangkan jika ingin ke Belitung maka anda memilih tanjung pandan. Jadi jangan sampai salah tujuan ya ^.^

Namun kedua pulau ini bersebelahan, kita bisa menyeberang antara dua pulau ini dengan kapal ferry atau bisa juga dengan pesawat.  Oke, back to Bangka :p kali ini ke pulau ini bukan plan trip namun karna ada sepupu yang menikah, dan berhubung mama pulang jadi saya ikut menemani pulang ke pulau Bangka ini.

Yups, hari pertama tiba dipulau Bangka ini setelah sekian lama saya tidak pulang kesini.. terakhir saya kesini masih umur sekitar 4 tahun jalan ke 5 tahun, dan ketika itu adik saya belumlah lahir :p jadi saya waktu itu masihlah sangat imut-imut :3 tapi masih ada sebagian memory yang saya ingat ketika datang kesana.  Dulu, rumah di Bangka masihlah berupa gubuk, masak memasakpun memakai kayu bakar.. rasa dan bau aroma kayu bakar masih teringat di memory saya terutama air minumnya :p dan belum ada listrik ketika itu hanya mengandalkan lampu petromax remang-remang :3 tidur di ranjang berkelambu..yah..sudah banyak perubahan sekarang, syukurlah listrik sudah ada, memasak pun sudah menggunakan gas dan bangunan sudah tidak berupa gubuk lagi.
view dari atas pesawat...

begitu banyak penambangan timah di pulau ini, terlihat dari banyaknya lobang-lobang air dari atas pesawat ini ...semoga penambangan timah tidak overdosis dan pulau bangka ini bisa tetep terjaga alamnya :(
Bandara Depati Amir, Jam menunjukkan sekitar hampir pukul 6 sore
Hari sudah larut malam ketika saya sampai di Bangka, karna pesawat yang saya naiki delay 2 jam X( dan hanya diberikan roti dan segelas air minum sebagai permohonan maaf, hiks..dari bandara sudah ada mobil sewa yang menjemput kami,  saya mendapatkan sewaan mobil antar jemput ini dari hasil google, Bangka Hai Rent Car namanya, untuk 2 orang dari bandara sampai antar ke rumah di Sungailiat kena tarif Rp. 175.000,- ya lumayan menghemat dibanding anda memakai antar jemput dari bandara yang mana akan langsung menyerbu anda begitu keluar dari bandara, seperti calo berisik minta ampun mengikuti anda kemanapun. Huft.. :/

2x nyasar masuk semak-semak hutan karena gelap sekali tidak banyak lampu penerangan, mama tidak kelihatan jalan, beruntung si sopir ini sangat sabar untuk muter-muter, heheh akhirnya hamper jam 7 malam kami sampai juga…hooo seharian habis waktu Cuma menunggu pesawat… -_-

Sejak dari malam hari sampai pagi hari di hari pertama yang tua-tua sibuk memasak sayur untuk acara seserahan & nikahan sepupu lusa, sedang saya pagi-pagi asyik bermain dengan si kelinci-kelinci dikandang dan sibuk ambil foto-foto (mumpung di bangka) :3

narsis with pohon cokelat belanda :p katanya pohon jenis ini sudah langka..hmmm
berkat tongsis-lah saya bisa berfoto seperti ini dibawah pohon jambu air, hahaha :v
Disana saya juga sempet mengunjungi warung kopi tung tau, karna penasaran yang katanya sudah terkenal dari dulu maka saya pun mencobanya...
roti panggang telur (fav di sini), kopi O nya yang super pahit dan milk tea alias teh tarik khas tungtau..berasa susunya...
Menu di Tungtau
penampakan warung tung tau di sungailiat..tidak terlalu besar tempatnya ..
So far, roti panggang telurnya membuat saya cukup kenyang karna diisi 1 telur rebus didalam roti juga karna saya minum teh tarik juga, hehehe..rotinya lumayan enak tapi setelah mencicipi yang srikaya, saya lebih menyukai yang srikaya (roti panggang srikaya saya bungkus bawa pulang). Disini kita juga bisa membeli kopi bubuk merk tung tau, +/- 220 gr @Rp.25.000,- (cukup mahal dibanding dengan kopi merk lain semisal merk kingkong yang juga terkenal di bangka ini sebagai oleh-oleh. Kopi Kingkong @Rp. 16.000,-/bks -nya.)

Di Sungailiat ini saya dan mama sempat berkeliling pasarnya, yang sayangnya jual buah-buah dan daging sayur mayur sedang dipindah ke tempat lain karna pasar lama sedang direnovasi. Di Pasar ini banyak sekali jual aneka kerupuk khas bangka dengan berbagai merk. Harganya sedikit lebih murah dibanding jika kita beli di pusat oleh-oleh serupa BTS, LCK dllnya. Di Pasar ini terdapat becak dengan tenaga mesin motor bukan sepeda, jadi si supir tidak perlu capek-capek menggoes :p Saya tidak sempat berfoto-foto karna sibuk nyebrang sana -sini bersama mama saya :))

Saya juga menyempatkan diri untuk sarapan sui mien di pasar ini juga es kacang merahnya. Yummy...

Non Halal, Sui Mien = Mie kuah dicampur irisan daging babi dan baso tahu kok
Es Kacang Merah, es serutnya halus banget ,,..tp kacang merahnya kurang banyak nih ...
Cerita seserahan nikahan adat sepupu dan jalan-jalan di bangka akan saya tulis secara terpisah. Di Sungailiat ini saya sempatkan untuk main di pantai tanjung pesona, pantai matras, dan sekitarnya. Sedangkan di Pangkal Pinang saya sempatkan main di pantai pasir padi, hutan pelawan dan bangka botanical garden (BBG). Tidak begitu banyak tempat yang saya kunjungi karna keterbatasan waktu cuti mungkin dilain waktu saya bisa berkesempatan untuk mengunjungi daerah lainnya di pulau bangka ini :)

Beberapa foto yang sayang untuk dibuang :D

bunga putih cantik yang dihinggapi tawon :p
anjing yang bertengkar dengan kadal (mirip dinausaurus nih kadal -_-)
view dari beranda rumah yang menyejukan mata...hening tak ada suara berisik kendaraan ataupun orang-orang..yang kalau malam hanya terdengar bunyi serangga...dan gelap gulita.. :p

Overall, menyenangkan beberapa hari di bangka dan belum puas...hihihi apalagi di Bangka ini saya bertemu dengan teman-teman baru dari couchsurfing Bangka. Ce Sen, Hadi, Ria, Citra, dkk :) Thanks God for all.